PRESEPSI SEBAGAI STRATEGI

Posted by Estu Jalu Saturday, November 10, 2012 0 comments
Sebelum berlanjut ke pembahasan PRESEPSI SEBAGAI STRATEGI, bagi yang belum membaca PONDASI KEPEMIMPINAN dan KEPEMIMPINAN SEBAGAI STRATEGI ada baiknya dibaca juga, karena ini saling berkesinambungan sehingga pengetahuan atau ilmu yang anda pelajari akan lebih komplit lagi. Baiklah langsung saja kita mulai ke pembahasan PRESEPSI SEBAGAI STRATEGI.

Menurut Jack Trout dalam bukunya Trout On Strategy, salah satu inti strategi adalah presepsi. Keunggulan bersaing perusahaan, sesungguhnya adalah masalah dalam berkomunikasi. Strategi Positioning sesungguhnya adalah strategi komunikasi. Salah satu bentuk komunikasi adalah periklanan, jika anda berhasil dalam periklanan, kemungkinan anda akan berhasil dalam bidang bisnis, agama, politik atau aktivitas lain yang membutuhkan komunikasi massa.

presepsi sebagai strategi
Jack Trout

Positioning merupakan konsep yang mengubah keaslian iklan, konsep sederhana yang membuat orang menghadapi kesulitan dalam memahami kekuatannya. Positioning dimulai dengan sebuah produk, barang, jasa, perusahaan atau orang. Namun, positioning bukanlah sesuatu yang anda lakukan terhadap produk. Positioning adalah sesuatu yang anda lakukan terhadap pikiran calon konsumen, yaitu menempatkan produk itu pada pikiran calon konsumen. Maka merupakan kesalahan jika menyebut konsep ini sebagai "positioning produk", seperti misalnya melakukan sesuatu hal terhadap fisik produk tersebut. Juga salah jika positioning tidak melibatkan perubahan, tetapi perubahan tersebut lebih mengarah ke perubahan terhadap nama, harga dan kemasan, bukan terhadap produk secara keseluruhan.

Pada dasarnya, ada perubahan penampilan yang akan dilakukan dengan tujuan menjamin suatu posisi yang lebih berharga dalam presepsi calon konsumen. Positioning juga merupakan tubuh pemikiran yang pertama yang dirancang untuk memegang permasalahan dalam mendengarkan masyarakat kita yang kebanjiran informasi. Satu-satunya pertahanan yang dimiliki seseorang dalam derasnya arus informasi adalah pemikiran yang sangat sederhana. Dengan demikian, pendekatan terbaik yang akan diambil seorang dalam masyarakat adalah pesan yang sederhana.

John Sculley, mantan Chairman Apple Computer, mengatakan "Segala hal telah kita pelajari dalam era industri cenderung menciptakan kerumitan yang semakin parah. Saya kira semakin banyak orang yang sadar bahwa anda harus melakukan penyederhanaan, bukan sebaliknya. Ini ide yang sangat Asia, bahwa kesederhanaan adalah kecanggihan terhebat".

ProXL menggunakan kata "Tak hanya bicara", Polytron dengan kata "Yang lainnya lewat", dan RCTI dengan "Tambah Oke". Siapa yang memenangkan presepsi terhadap benak konsumen adalah pemenang persaingan karena presepsi adalah salah satu inti dari strategi.

Jadi, jika anda ingin membuat slogan atau membuat iklan terhadap produk anda, lebih baik gunakan kata-kata yang mudah diingat, bisa satu kata, dua kata, atau tiga kata, karena dengan begitu, setiap saat konsumen anda akan teringat tentang produk anda. Jika anda menggunakan kata-kata yang susah atau sulit diingat atau malah menggunakan kata yang sangat panjang, konsumen juga tidak akan ingat slogan atau produk anda, karena mereka juga tidak akan sempat atau tidak akan mau menghafalkan kata-kata yang susah itu. Tetap semangat dan tetap Belajar Bisnis ya.. 

Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment