KESEDERHANAAN SEBAGAI STRATEGI

Posted by Estu Jalu Saturday, November 10, 2012 0 comments
Yang akan saya bahas kali ini adalah KESEDERHANAAN SEBAGAI STRATEGI, ini merupakan kelanjutan dari PRESEPSI SEBAGAI STRATEGI. Kesederhanaan adalah salah satu inti dari strategi untuk memikat konsumen. Menguasai satu kata di kepala, kata yang sederhana untuk meraih keunggulan bersaing. Emery Air Freight, berdiri tahun 1946, merupakan perusahaan kargo udara pertama didunia. Sayangnya Emery terperangkap, bukannya memfokuskan diri pada layanan kargo tertentu, ia malah menawarkan layanan kargo apapun.

Layanan kargo semalam, dua hari, paket kecil dan layanan paket besar. Apapun yang anda kirim, Emery akan melayaninya. Di awal 1970-an, Federal Express adalah pemain yang baru berjuang dalam bisnis pengiriman barang. Namun dengan sangat brilian, CEO Fred Smith membuat strategi yang berfokus pada pengiriman barang semalam (overnight) saja. Kata "semalam (overnight)" inilah yang mengantarkan kejayaan pada Federal Express.

Selain contoh diatas, saya kasih contoh lagi, Volvo menanamkan satu kata dibenak konsumen : safety (keamanan). Hasilnya, beberapa dekade lalu Volvo telah menjadi mobil mewah Eropa, dengan penjualan tertinggi di Amerika Serikat. Ketika suatu merek telah mempunyai kata sederhana yang mudah diingat, sulit bagi pesaing untuk mengambil alih kata tesebut. Dapatkah anda memproduksi mobil yang lebih aman dari Volvo ? Mungkin anda dapat memproduksi mobil yang lebih aman dari Volvo, seperti Saab, Audi dan Mercedes Benz, tetapi dibenak konsumen, pemilik kata safety hanyalah Volvo.

belajar bisnis
Fred Smith

BMW menggunakan kata sederhana driving untuk mewakili The Ultimate driving machine (mobil yang enak dikendarai). Dengan kesederhanaan ini, BMW menjadi mobil mewah Eropa dengan penjualan tertinggi kedua di Amerika Serikat. "Salah satu kecenderungan paling merusak sepanjang 40 tahun terakhir adalah keyakinan bahwa jika anda mudah dipahami, bahasa anda vulgar. Saat saya tumbuh, ekonom, ahli fisika, psikolog, pemimpin dalam semua disiplin akan selalu berupaya membuat diri mereka mudah dipahami" komentar Drucker dalam bukunya The effective Executive.

Einstein menghabiskan tahun demi tahun bersama tiga asisten berbeda untuk membuat teori relativitasnya dapat dipahami oleh orang awam. John Maynard Keynes pun berupaya keras membuat teori-teori ekonominya mudah dipahami. "Ide-ide strategis besar hampir selalu muncul dengan kata-kata sederhana", kata Jack Trout dalam buku Trout On Strategy.

Begitu juga dengan anda, jika anda dan produk anda ingin diingat konsumen, maka gunakanlah kata-kata yang sederhana tetapi mewakili karakter produk anda. Tetap semangat dan tetap Belajar Bisnis ya.. 

Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment