KEPEMIMPINAN SEBAGAI STRATEGI

Posted by Estu Jalu Friday, November 9, 2012 0 comments
Seperti yang sudah saya katakan di PONDASI KEPEMIMPINAN, bahwa inti dari strategi adalah kepemimpinan. Tidak seorangpun akan mengikuti anda jika anda sendiri tidak tahu kemana mesti melangkah. Anda akan menemukan kebenarannya pada semangat Akio Morita yang memberikan arah Sony untuk menemukan pasar-pasar baru dengan sebutan "semangat perintis" seperti yang dikemukakan diatas.

"Pemimpin merupakan orang pertama yang menentukan sukses dan tidaknya sebuah organisasi" kata Steven R. Covey. Dengan demikian, pemimpin merupakan kunci sukses organisasi. Kepemimpinan menelaah seorang pemimpin yang efektif, dan apa yang membedakan pemimpin dengan yang bukan pemimpin. Definisi pemimpin sangat bervariasi dan sangat banyak. Disini kita mengambil definisi yang diberikan oleh Abraham Zaleznik dan John Kotter.

bisnis, belajar bisnis, pemimpin
Abraham Zaleznik

Abraham Zaleznik dari Sekolah Bisnis Harvard berpendapat bahwa pemimpin dan manajer sangat berbeda. Mereka berbeda dalam motif, sejarah pribadi, serta cara berpikir dan bertindak. Manajer cenderung mengambil sikap impersonal, pasif terhadap tujuan, sedangkan pemimpin mengambil sikap pribadi dan aktif terhadap tujuan. Manajer cenderung memandang kerja sebagai suatu proses yang memungkinkan, mencakup suatu kombinasi dari orang dan gagasan yang berinteraksi untuk menetapkan strategi dan mengambil keputusan.

Seorang pemimpin bekerja pada posisi berisiko tinggi, seringkali secara tempramen ingin mencari risiko dan bahaya teristimewa bila peluang dan imbalannya tampak tinggi. Manajer lebih suka bekerja dengan orang, mereka menghindari aktivitas sendirian karena aktivitas itu membuat mereka cemas. Mereka berhubungan dengan orang menurut peran yang mereka mainkan dalam suatu urutan peristiwa atau dalam proses pengambilan keputusan. Pemimpin yang memperhatikan gagasan, berhubungan dengan orang-orang dengan cara lebih intuitif dan empatik.

usaha, john kotter, bisnis
John Kotter

Sedangkan menurut John Kotter, kepemimpinan berbeda dengan manajemen. Manajemen menyangkut masalah kerumitan, menghasilkan tata tertib dan konsisten dengan menyusun rencana-rencana formal, merancang organisasi yang ketat dan memantau hasilnya lewat perbandingan dengan rencana. Sedangkan kepemimpinan menyangkut hal mengatasi perubahan. Pemimpin menetapkan arah dengan mengembangkan visi terhadap masa depan, menciptakan sinergi antar pribadi dengan mengomunikasikan dan mengilhami mereka untuk mengatasi rintangan-rintangan.

Dan menurut saya pribadi, pemimpin adalah kunci dari kesuksesan organisasi atau perusahaan. Karena tanpa pemimpin yang hebat, walaupun rencana dan manajemennya sudah sangat matang, tidak ada orang yang membimbing atau mengantarkan perusahaan tersebut ke ujung kesuksesan. Seorang pemimpin harus kreatif dan inovatif dalam setiap permasalahan yang ada di perusahaan untuk mengatasinya.

Bagaimana dengan anda ? Menurut anda bagaimana seorang pemimpin itu ? Silahkan tinggalkan komentar dikotak yang telah disediakan. Tetap semangat dan tetap Belajar Bisnis ya..

Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment