BISNIS SERVIS KOMPUTER & LAPTOP

Posted by Estu Jalu Monday, December 17, 2012 2 comments
komputer

Di jaman yang semodern seperti sekarang ini, laptop dan komputer sudah bukan menjadi barang yang asing atau barang mewah lagi bagi sebagian orang. Hampir setiap rumah mempunyai komputer / laptop untuk memudahkan pekerjaan mereka. Memang, komputer / laptop sangat membantu banyak dalam mempermudah pekerjaan di jaman sekarang ini. Nah itulah yang akan kita jadikan bisnis dan akan kita bahas kali ini.

Meskipun banyak orang yang mempunyai laptop / komputer, bukan berarti mereka bisa / pandai menyervis dan merawat laptop dan komputer mereka. Pada saat komputer / laptop mereka mengalami kerusakan, bagi orang yang hanya bisa menggunakan tanpa bisa memperbaiki, pasti akan menjadi masalah dan bingung mencari tukang servis disekitar mereka. Disitu lah peluang anda untuk membuka sebuah jasa perbaikan / servis komputer dan laptop.

Untuk memulai bisnis servis komputer dan laptop, yang anda butuhkan hanyalah keterampilan dan anda harus benar-benar mengerti mengenai komputer dan laptop, karena jika tidak, bisa-bisa komputer / laptop yang sedang tangani bukannya benar malah menjadi tambah rusak . Untuk bisa dan benar-benar mengerti tentang servis dan perawatan komputer, anda bisa mengikuti pelatihan, les, membaca buku, dan yang pasti sering-seringlah praktek.

Bisnis servis komputer dan laptop ini tidak membutuhkan tempat yang harus menyewa karena anda bisa membukanya dirumah. Tetapi, untuk lebih mempercepat pengenalan jasa anda dan anda mempunyai modal lebih, anda bisa menyewa ruko dipinggir jalan, didekat kampus, kantor, pokoknya ditempat-tempat yang ramai dan strategis. Buka dirumah juga tidak masalah, karena bisnis ini hanyalah kepercayaan pelanggan kepada anda, jika servis dan perawatan anda kepada komputer / laptop pelanggan baik, jika ada kerusakan lagi yang dialami dia atau temannya, pasti pelanggan yang pernah servis komputer / laptop ketempat anda akan menyarankan dia untuk servis ketempat anda. Begitu juga sebaliknya, jika servis dan perawatan anda buruk, maka pelanggan tidak akan kembali lagi dan tidak akan merekomendasikan tempat anda ke teman-temannya. Jadi yang terpenting adalah kepuasan pelanggan terhadap jasa anda.

Sama seperti bisnis pada umumnya, bisnis servis komputer dan laptop ini juga membutuhkan promosi, promosi ini bermacam-macam, saya contohkan, anda memberi masa garansi yang lebih panjang daripada pesaing-pesaing anda, dan selama masa garansi untuk orang yang servis, bisa anda berikan potongan harga maupun gratis untuk perawatan 1 atau 2 kali. Dengan begitu, pelanggan akan merasa diperhatikan dan pikirannya akan lebih tenang setelah servis ditempat anda karena masa garansinya lebih panjang.

Sedikit saran saja, untuk memasang harga lebih baik sedikit lebih murah daripada pesaing-pesaing anda tetapi dengan kualitas servis yang lebih baik dari pesaing anda. Dengan begitu, pelanggan pesaing anda akan berpaling kepada anda karena harga dan kualitas servis yang lebih baik.

Mungkin itu saja dari saya, semoga sedikit gambaran diatas bisa berguna bagi anda yang sedang / ingin menjalani bisnis jasa servis komputer dan laptop. Tetap semangat dan tetap Belajar Bisnis ya.. 

Artikel Terkait:

2 comments:

Unknown said...

AKu harus bisa memualainya. Bismillah

Reply
Estu Jalu said...

@haris widodo: semangat...

Reply

Post a Comment