BISNIS MENJADI PEMANDU WISATA

Posted by Estu Jalu Saturday, December 29, 2012 0 comments
pemandu wisata

Anda gemar jalan-jalan dan mengetahui seluk beluk tempat wisata didaerah anda? Kenapa tidak dijadikan bisnis saja? Dengan begitu anda bisa jalan-jalan gratis dan dibayar oleh orang yang membutuhkan panduan anda. Menjadi pemandu wisata (guide) untuk sekarang ini masih menjadi bisnis yang menjanjikan, karena banyaknya orang yang sering berlibur, dan mereka jarang mengetahui jalan / tempat wisata di suatu daerah tersebut, maka mereka membutuhkan seorang pemandu wisata.

Pramuwisata atau juga bisa disebut pemandu wisata (guide) sangat dibutuhkan dan berperan penting dalam bisnis pariwisata. Pasalnya, para turis (baik lokal maupun turis asing) yang tengah berwisata tak cuma ingin menikmati pemandangan. Mereka juga ingin mengerti sejarah dan perkembangan lokasi yang dikunjunginya.

Jika bermasalah dengan bahasa asing, anda bisa menjadi pemandu wisata khusus untuk orang lokal, jadi yang diperlukan hanyalah bahasa indonesia. Pendapatan yang diterima juga tidak berbeda jauh dengan turis asing, bahkan kata teman saya yang juga menjalani bisnis ini, pendapatan dari turis lokal malah lebih banyak, karena biasanya turis lokal berwisata secara berkelompok. Tetapi jika anda bisa berbahasa asing, lebih baik untuk mengambil keduanya, baik turis asing maupun lokal, dengan begitu peluang anda dan penghasilan anda akan lebih banyak.

Untuk memulai bisnis pemandu wisata, anda bisa mengikuti kursus pariwisata, bergabung dengan perusahaan tour dan travel, atau bisa juga anda berdiri sendiri. Jika anda berdiri sendiri, sering-sering lah ke tempat wisata dan menawarkan jasa anda kepada para turis yang berkunjung, jika mereka membutuhkan jasa anda, tinggal kesepakatan harga saja. 

Yang dibutuhkan dalam bisnis ini tidak banyak, hanya pintar berbicara, ramah dan pengetahuan anda mengenai tempat wisata didaerah anda tersebut, mulai dari sejarahnya sampai perkembangannya hingga saat ini. Jika pelanggan anda puas dengan jasa anda, saya yakin anda akan direkomendasikan kepada teman-temannya jika ada temannya yang akan berlibur didaerah anda.

Untuk penghasilan, misalkan biaya untuk menyewa jasa anda seharga Rp.200.000/hari, jika dalam 1 bulan anda bisa menggait wisatawan sebanyak 15 wisatan / kelompok dan hitungan perhari, maka penghasilan anda Rp.200.000 X 15 = Rp.3.000.000, belum lagi kalau anda bisa menggait lebih banyak wisatawan, keuntungan anda juga akan berlipat-lipat.

Untuk prospek kedepannya saya rasa bisnis ini tidak ada matinya, karena setiap hari selalu ada saja orang yang berlibur, baik itu keluarga, kelompok, ataupun yang lainnya. Jika anda tertarik dengan bisnis ini, mulai lah dengan memperbanyak imu anda tentang wisata didaerah anda, jika sudah, bisa coba didaerah lain juga.

Mungkin sekian dulu dari saya, semoga bisa bermanfaat bagi anda yang ingin menjalani bisnis pemandu wisata ini. Tetap semangat dan tetap Belajar Bisnis ya.. 

Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment