BISNIS FOTOGRAFI

Posted by Estu Jalu Monday, December 31, 2012 0 comments
bisnis fotografi

Anda hobi dan jago memotret? Kalau iya, pernahkah terpikir di benak anda untuk menjadikan hobi itu sebagai bisnis? Seperti foto studio misalnya, atau foto pra wedding dan sebagainya. Dulu, bisnis fotografi mungkin hanya bisa dijalankan bagi orang-orang yang benar-benar mengerti tentang teknik dan seni memotret, tetapi di jaman modern seperti ini, bisnis fotografi bisa dijalani oleh siapa saja.

Mengapa saya bilang bisa dijalani oleh siapa saja? Karena sekarang, peralatan fotografi sangat mudah dicari. Apalagi sekarang banyak software untuk olah foto digital, jadi itu akan lebih memudahkan anda untuk mendapatkan hasil foto yang lebih bagus dan lebih mudah tidak seperti dulu yang semua harus manual dan belum ada software untuk mengolah foto.

Untuk memulai bisnis ini apa yang dibutuhkan? Tentu saja kamera digital, untuk harga kamera digital standar yang bagus memang sedikit agak mahal dibandingkan dengan kamera digital yang biasa. Tetapi, anda harus memilikinya bukan? Karena bisnis anda dibidang fotografi. Selain kamera, mungkin lampu pendukung, bisa flash eksternal maupun lampu studio, juga berperan penting dalam hasil jepretan anda, jadi saya rasa ini juga harus dimiliki.

Jika anda hobi memotret outdoor, bisa memulai dengan bisnis fotografi seperti foto pra wedding, foto hewan peliharaan, foto bangunan (bagi orang yang ingin mempromosikan rumah/hotel/yang lainnya), dan sebagainya. Jika anda hobi memotret indoor, bisa memulainya dengan membuka studio foto, seperti orang yang mau foto KTP, foto keluarga, bahkan foto model indoor.

Untuk anda yang ingin menambah pengalaman dulu sebelum membuka usaha sendiri, bisa bergabung dengan perusahaan-perusahaan dibidang tersebut, seperti perusahaan yang mengurus pernikahan, event, model, majalah dan sebagainya. Jika dirasa sudah mempunyai pengalaman yang cukup dan kepercayaan diri yang sudah lebih, bisa membuka usaha sendiri, dengan begitu keuntungan yang anda dapat buat anda sendiri, bukan perusahaan.

Tidak lupa juga jika ingin menekuni bisnis fotografi, anda diwajibkan mahir mengoperasikan kamera yang anda pegang, lebih-lebih anda bisa mahir berbagai jenis kamera bukan hanya satu macam dan merk saja. Karena jika anda saja tidak mahir mengoperasikan kamera, bagaimana klien anda akan percaya kepada hasil jepretan anda? Selain mahir mengoperasikan kamera, anda juga harus bisa mengedit foto digital, karena jika terjadi kesalahan pada saat pemotretan dan telah selesai sesi pemotretannya, apa iya akan diulangi dari awal? Maka dari itu, anda juga harus bisa menggunakan software edit foto digital yang akan memudahkan pekerjaan anda dan bisa meminimalisir kesalahan yang terjadi sehingga hasil foto akan maksimal.

Sedikit saran dari saya, jika ingin berbisnis fotografi, sering-sering lah memotret, dengan begitu kemampuan anda sedikit demi sedikit akan meningkat. Dan jangan lupa untuk membuka jaringan, bisa anda mulai dari keluarga, saudara, teman, tetangga, dan pada akhirnya anda akan dikenal lebih luas lagi.

Mungkin itu saja dari saya, semoga sedikit penjelasan dan gambaran diatas bisa berguna bagi anda yang ingin memulai bisnis fotografi. Tetap semangat dan tetap Belajar Bisnis ya.. 


Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment