MEMULAI USAHA DARI GARASI

Posted by Estu Jalu Sunday, July 14, 2013 0 comments
Tom Peters dan Robert Waterman memasukkan Hewlett-Packard menjadi perusahaan terbaik di akhir 1990. Jerry Pornas dan James Collins dalam bukunya Built to Last juga memasukkan Hewlett-Packard untuk mendapatkan penghargaan sebagai perusahaan berumur panjang. Perusahaan ini juga mendapatkan peringkat yang sama dalam jajak pendapat tentang perusahaan bermanajemen bagus atau salah satu perusahaan yang layak dimasuki.

Demikian pula, Fortune memasukkan Hewlett-Packard sebagai salah satu perusahaan yang paling dikagumi di dunia. Hewlett-Packard telah meraih hal yang luar biasa, perusahaan yang layak dikagumi dan berhasil. Hewlett-Packard didirikan oleh Bill Hewlett dan Dave Packard di sebuah garasi sewaan di Palo Alto dengan modal $538 pada tahun 1937.

memulai usaha dari garasi
Bill Hewlett dan Dave Packard

Bill Hewlett dan Dave Packard merupakan kawan semasa kuliah di Stanford University. "Kami kira kami akan punya pekerjaan untuk diri kami sendiri. Kami tidak punya pikiran sedikitpun untuk menjadi perusahaan besar", kata Packard. Garasi itulah merupakan cikal bakal Silicon Valley tulis Stuart Crainer dalam bukunya The 75 Greatest Management Decision Ever Made.

Produk pertama yang dijual oleh Hewlett-Packard adalah alat pengukur gelombang suara yang dijual ke Walt Disney. Hasil penjualan tersebut sebesar %5.100 dengan keuntungan $1.300 yang merupakan kesuksesan pertama Hewlett-Packard. Produk berikutnya adalah mesin otomatis perata selada dan mesin kejut untuk membantu orang menurunkan berat badan. Hewlett-Packard juga mempertimbangkan pasar bagi peralatan otomatis pembuang air seni, sensor lantai bowling, dan pendingin udara. Mereka meninggalkan garasi pada tahun 1940.

Meskipun demikian, Hewlett-Packard pernah mengalami krisis setelah Perang Dunia II tahun 1946. Namun, justru saat terjadi krisis inilah kreativitas muncul sehingga Hewlett-Packard berani mengambil keputusan merekrut orang-orang berkemampuan teknis melimpah karena kehidupan pasca perang. Hasilnya cukup mengagumkan, penjualan mencapai $2.1 juta pada tahun 1948.

Hewlett-Packard tidak mengandalkan hutang jangka panjang dalam mengembangkan usaha, tetapi menggunakan produk yang mampu menjadi pemimpin pasar. "Tugas kami adalah merancang, mengembangkan, dan memproduksi yang terbaik demi kemajuan ilmu pengetahuan dan kesejahteraan umat manusia. Kami bermaksud mengabdikan diri kami pada tugas itu", kata Packard.

Di tahun 1976, salah satu insinyurnya menemukan bahwa jika logam dipanaskan dengan cara tertentu ia akan berhamburan, Keputusan untuk memakai teknologi ini memunculkan bisnis printer ink-jet dan akhirnya laser-jet yang sukses. Meskipun demikian, semuanya dimulai dari garasi sewaan.

Nah itulah teman, lika-liku perjalan dalam bisnis, pelajaran yang bisa kita ambil dari sepenggal cerita diatas adalah usaha itu bisa dilakukan / dimulai dari mana saja, bahkan dari sebuah garasi bisa menjadi perusahaan raksasa, yang terpenting adalah kemauan dan tekad yang kuat dalam menjalani bisnis itu. Jika ada yang perlu ditanyakan, bisa tinggalkan komentar dibawah ya.. Tetap semangan dan tetap Belajar Bisnis..  


Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment