SIKAP MENTAL POSITIF SEBAGAI SENJATA AMPUH

Posted by Estu Jalu Friday, November 2, 2012 0 comments
Mungkin anda bingung dengan maksud dari judul diatas, untuk lebih jelasnya saya akan berikan penjelasan sedikit dan contohnya dalam sikap mental positif sebagai senjata ampuh.

Menurut Profesor Edwood Chapman, sikap mental positif adalah cara mengomunikasikan atau mengekspresikan suasana hati atau watak kepada orang lain. Jika ekspresi kita kepada orang lain positif, maka kita disebut orang yang mempunyai sikap mental positif. Sebaliknya, jika ekspresi kita kepada orang lain negatif, kita disebut orang yang bersikap mental negatif.

soichir honda


Sikap mental positif mendorong kita untuk mencapai tujuan dengan gigih. Ketika kita jatuh terperosok, kita masih dapat mengatakan "Ah ini cuma kesandung batu kecil, tujuan kita belum tercapai". Kita pun mampu bangkit kembali. Salah satu contoh orang yang mempunyai sikap mental positif ini adalah Soichiro Honda, dia tetap bersikap mental positif ketika piston berbentuk cincin buatannya ditolak oleh Toyota dan ditertawakan para teknisi. Setelah bertahan dua tahun dan memperbaiki kelemahan piston tersebut, akhirnya Toyota mau menerimanya. Bahkan ketika pabriknya dibom dua kali dan dihancurkan oleh gempa bumi, ia tetap bersikap mental positif dalam meraih cita-citanya untuk tetap mempunyai pabrik.

Sikap mental positif mendorong kita untuk menjadi lebih kreatif. Setiap saat bisa terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan, dengan sikap mental positif kita masih dapat menanggapinya dengan mencari suatu hikmah dibaliknya secara kreatif.

Jadi inti dari sikap mental positif sebagai senjata ampuh ini adalah kita harus tetap tegar dan bijaksana dalam menjalani bisnis kita sewaktu kita dalam keadaan yang terpojok atau dalam keadaan yang tidak kita inginkan, karena dengan begitu semua masalah bisa teratasi jika kita mampu berpikir positif dan mengambil hikmah dari setiap kejadian yang terjadi untuk meminimalkan risiko dalam bisnis yang dijalani.

Semoga sedikit penjelasan diatas bisa membuat anda lebih berpikir positif dalam menjalani bisnis yang dijalani, dan jangan cepat menyerah jika ingin meraih kesuksesan yang sesungguhnya. Tetap semangat dan tetap Belajar Bisnis 

Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment