KISAH SUKSES ADAM KHOO

Posted by Estu Jalu Friday, November 2, 2012 0 comments

Adam Khoo adalah orang Singapura, semasa kecil ia penggemar berat games dan TV. Sehari-hari ia bisa menghabiskan berjam-jam didepan TV, baik hanya untuk menonton TV maupun bermain game. Adam Khoo pun dikenal sebagai anak yang bodoh, pada kelas 4 SD ia dikeluarkan dari sekolah dan masuk ke sekolah terburuk di Singapura. Ketika akan masuk SMP, ia ditolak oleh 6 SMP terbaik disana dan akhirnya ia masuk di SMP terburuk di Singapura.

Diawal SMP, kebiasaan buruk Adam tidak berubah, ia mendapat rangking 10 besar terburuk di sekolah terburuk, bagaimana tidak dicap sebagai anak yang bodoh jika seperti itu ?
Pada usia 13 tahun, Adam mengikuti program dari Ernest & Young. Dalam program itu, ia belajar apa yang namanya Neuro Linguistic Programme (NLP), Accelerated Learning, dan sebagainya.
Program ini benar-benar bermanfaat bagi Adam, ia mulai mempraktekkan keterampilan barunya. Apa yang dilakukan Adam setelah kembali ke sekolah ?

Pertama ia  menuliskan tujuannya, ia akan lulus dari SMP itu dengan nilai A semua, kemudian akan masuk ke Victoria Junior College, SMU terbaik di Singapura. Bukan hanya menulis, tapi ia nekat mengumumkan tujuannya tersebut didepan kelasnya. Apa yang terjadi ? Ia ditertawakan semua teman sekelasnya, juga termasuk gurunya.

Tapi ia tidak bergeming, tertawaan dan cemoohan teman-teman dan gurunya ia jadikan sebagai sumber semangat. Dalam hatinya, ia akan lebih ditertawakan lagi jika tidak bisa membuktikan kata-katanya tersebut. Karena itu, Adam berusaha keras, ia gunakan semua cara belajar hebat yang telah didapatkannya dari Ernest & Young. Hasilnya pun sungguh luar biasa, ia mampu menjawab semua pertanyaan dari gurunya, meski begitu ia tetap ditertawakan oleh teman-temannya karena setiap mencatat pelajaran ia menggunakan peta pikiran yang penuh dengan gambar serta simbol untuk mencatat.

Akhirnya dengan penuh semangat yang luar biasa dan tekad yang bulat untuk membuktikan perkataannya, ia lulus dari SMP itu dengan nilai A semua, bukan hanya itu, Adam diterima di Victoria Junior College. Keberhasilannya pun berlanjut sampai ia lulus dari SMU tersebut, ia lulus dengan nilai A semua dan menjadi lulusan terbaik di Victoria Junior College.

Adam pun masuk ke National University of Singapura (NUS) yang merupakan universitas terbaik di Singapura. Di NUS, ia berhasil masuk ke NUS Development Program, ini adalah program bagi mahasiswa Top One Percent. Program bagi mahasiswa dengan prestasi akademik yang sempurna, program bagi para jenius. Dari NUS, Adam lulus dengan predikat lulusan terbaik.

Itu cerita Adam dengan keberhasilan didunia akademisnya, lalu bagaimana cerita Adam didunia bisnisnya ? Prestasi Adam dalam dunia bisnis ditandai pada saat usia 26 tahun, ia mempunyai 4 bisnis dengan total nilai omset US$ 20 juta per tahun.

Adam memulai bisnis pada usia 15 tahun, ia bisnis music box, bisnis berikutnya adalah bisnis training dan seminar. Pada usia 22 tahun, Adam Khoo sudah menjadi trainer tingkat nasional di Singapura. Klien-kliennya adalah para manajer dan top manajer perusahaan-perusahaan di Singapura, bayarannya mencapai US$ 10.000 per jam.

Jadi, pelajaran apa yang dapat kita ambil dari kisah sukses Adam Akhoo ? Kalau saya pribadi dapat mengambil pelajaran :

  1. Kita harus mempunyai tujuan yang jelas dalam hidup / dalam bisnis
  2. Tekad yang kuat serta tidak mudah menyerah meski kita dihina
  3. Berani bertindak untuk perubahan
Bagaimana dengan anda, pelajaran apa yang bisa anda dapatkan ? Silahkan isi komentar dibawah untuk menjawab dan berbagi ilmu untuk kita semua 


Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment