MENJADI YANG PERTAMA

Posted by Estu Jalu Sunday, November 11, 2012 0 comments
Setelah sebelumnya saya membahas tentang KESEDERHANAAN SEBAGAI STRATEGI, kini kita akan membahas tentang MENJADI YANG PERTAMA. Menurut Jack Trout dalam bukunya Trout On Strategy, salah satu inti strategi adalah menjadi berbeda. Menjadi yang pertama, penguasaan atribut, kepemimpinan, senjata, bagaimana produk dibuat, dan kejadian. Kita perlu menjadi yang pertama, karena yang pertama lah yang akan diingat.

Michael Dell memutuskan menjual PC dengan cara berbeda, yaitu menjadi pertama yang menjual PC langsung ke konsumen dan merakit pesanan. Michael Dell tidak menjual PC ke distributor. Kini, setiap orang dalam industri ini sedang mencoba meniru strategi yang dilakukan Dell, tetapi sudah terlambat. "Ketika hanya ada anda dan pelanggan, anda sebenarnya telah memulai hubungan dengan pelanggan," kata Michael Dell.


Harvard adalah universitas pertama di Amerika dan saat ini dianggap sebagai universitas yang terpandang didunia, terutama dalam bidang bisnisnya. Harvard Business School didirkan pada tahun 1908 dan mewisudai gelar master pertama kalinya dalam manajemen di tahun 1910. Harvard Business School merupakan sekolah bisnis pertama yang mensyaratkan gelar universitas untuk memasuki program manajemennya. Untuk mempertahankan kepemimpinannya, Harvard Business School meluncurkan The Harvard Business Review, yang menjadi tonggak penerbitan. Selama lebih dari 75 tahun The Harvard Business Review telah berpengaruh dalam membentuk pemikiran manajemen dunia.

Menjadi yang pertama dalam kategori produk yang anda masuki atau bisnis yang anda jalani merupakan strategi yang handal untuk bersaing, karena dengan menjadi yang pertama maka produk anda akan diingat oleh konsumen yang pertama kali dan akan selalu diingat oleh konsumen. Menjadi yang pertama tidak harus produk anda berbeda, bisa anda lakukan makeover terhadap produk yang telah ada atau anda kembangkan produk yang telah ada dan memberikan slogan yang sederhana dan yang pasti slogan itu menjadi yang pertama. Tetap semangat dan tetap Belajar Bisnis ya.. 

Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment