MEMULAI USAHA DARI PENDIDIKAN

Posted by Estu Jalu Wednesday, November 21, 2012 0 comments
Banyak yang mengeluh, bahwa untuk membuka sebuah usaha sudah tidak ada peluang. Ini adalah keluhan klasik yang tidak boleh kita dengar lagi. Sesungguhnya untuk  memulai usaha dapat kita lakukan dengan berbagai macam cara, salah satunya dengan pendidikan yang kita punyai.

yahoo

Jerry Yang dan David Filo, pendiri Yahoo memulai bisnis dengan menggunakan pendidikannya. Mereka merupakan mahasiswa Stanford University. Jerry Yang dan David Filo memulai bisnis dari kecil dan hal yang sederhana. Jerry Yang menggambarkan bahwa penemuan Yahoo merupakan "kecelakaan" ketika ia dan Filo menyelesaikan tesisnya. Yang dan Filo memulai Yahoo ini sewaktu mereka duduk di bangku perguruan tinggi, sebelum mereka menamatkan kuliahnya.

Mereka memulai bisnis dengan melakukan listing beberapa situs web yang mereka sukai dan menulis beberapa perangkat lunak yang memungkinkan sebuah situs web mendapatkan situs web lain yang akan diletakkan pada web lain yang biasa disebut portal. Pada saat didirikan tahun 1994, namanya Terry's Guide To The World Wide Web. Ketika mereka mengetahui bahwa situs mereka dikunjungi oleh orang-orang dari 90 negara, spontan mereka mengucapkan "Yahoo" dan akhirnya kata itulah yang dipakai untuk nama perusahaan mereka.

Pada tahun 1999, Yahoo mencapai status bintang. Pemasukan bersih berlipat empat kali pada kuartal keempat, yaitu 57,6 juta dollar, ketika pendapatan melompat dari 91 juta dollar menjadi 201 juta dollar. Pada tahun 2002, Yahoo merupakan portal terbaik dibandingkan dengan yang lainnya.

Begitu juga dengan anda, anda bisa memanfaatkan ilmu yang anda pelajari untuk memulai bisnis. Misalnya anda berkuliah di jurusan ilmu komputer, anda bisa memulai usaha dari itu. Sebagai contoh, membuka warnet, membuka pengetikan, menerima pesanan desain, editor film, dan bahkan bisa sampai pengembangan teknologi komputer agar komputer bisa semakin canggih.

Jangan sia-sia kan ilmu yang anda dapatkan, karena dengan ilmu itu anda bisa menjadi seorang yang sukses luar biasa. Diluar sana banyak orang yang tidak mendapatkan ilmu tetapi dengan tekad yang kuat, mereka bisa membuka usaha dan meraih kesuksesan. Jadi bagi anda yang mempunyai kesempatan menimba ilmu janganlah disia-siakan, jika tidak bisa mendapatkan pekerjaan dari ilmu anda, ya membuka usaha saja dari ilmu yang anda pelajari selama ini, karena peluang usaha itu sangat luas dan tidak terbatas bagi siapapun, yang terpenting anda harus jeli melihat peluang dan memanfaatkannya. Tetap semangat dan tetap Belajar Bisnis ya.. 

Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment