MEMULAI USAHA DARI IDE SEDERHANA

Posted by Estu Jalu Wednesday, November 21, 2012 1 comments
Setelah mempelajari HUKUM MEMULAI USAHA, sekarang kita akan membahas mengenai MEMULAI USAHA DARI IDE SEDERHANA. Bagi yang belum membaca artikel Hukum Memulai Usaha silakan baca dulu agar ilmu yang anda dapat bisa lengkap.

bisnis online

Banyak yang berpendapat bahwa untuk membuka sebuah usaha dibutuhkan ide yang sangat kreatif dan inovatif. Tetapi bagi Michael Dell, hal itu tidak berlaku, ia membuka sebuah usaha dengan ide yang sederhana yaitu menjual komputer tidak ke pedagang perantara tetapi menjualnya langsung ke konsumen. Ia memotong jalur ke perantara, dengan demikian harga PC tersebut dapat ditekan.

Michael Dell memulai usaha dengan modal $1.000, dan melakukan pemasaran lewat "Mail Order" dalam waktu 16 tahun penjualan meningkat dari 6 juta dollar menjadi 36,9 milyar dollar. Dell Computer membuka kantor cabang diluar negeri di London tahun 1987. Sekarang telah membuka kantor diseluruh dunia dengan karyawan mencapai 40.000 orang.

Anda jangan berpikir bahwa perjalanan Dell Computer selalu mulus, karena pada tahun 1993, Compaq yang pada saat itu sebagai pemimpin pasar penjualan PC, melakukan pemotongan harga untuk menyaingi Dell. Hasilnya Dell Computer menderita kerugian 65 juta dollar pada enam bulan pertama, yang menyebabkan hampir bangkrut. Akhirnya Dell melakukan perubahan yang sangat mendasar dalam proses bisnisnya yang disebut rekayasa ulang dalam bisnisnya dengan mengenalkan E-Commerce. Dell memulai dengan mengandalkan kecepatan, pada tahun 1999, order PC dari Dell hari ini, besok sudah sampai ke pemesan. Sedangkan untuk sistem yang sangat kompleks sampai ke pemesan paling lama 5 hari setelah pemesanan terjadi.

Inovasi-inovasi lainnya adalah merakit komputer setelah ada order. Dell menggunakan pendekatan mass customization yaitu memproduksi dalam jumlah besar, sehingga dapat mengurangi biaya produksi per unit. Dell meletakkan gudang komponen yang dikelola oleh supliernya, yang terletak tidak jauh dari pabriknya, bahkan bisa ditempuh dalam waktu 15 menit untuk mempercepat proses perakitan komputernya.

Dell menyediakan pelayanan yang sangat cepat dengan melakukan komunikasi lewat e-mail dan situs Web. PC dari Dell di tes bersamaan dengan pengetesan jaringan dan kerjasama dengan pemasok lain sehingga mengurangi periode tes dari 60-90 hari menjadi 15 hari saja. Karyawan Dell memantau produktivitas dan pengembalian atas investasi (ROI) secara berkesinambungan. 

Dell telah memperkenalkan E-Commerce dalam bisnisnya. Sebagian besar pelanggan melakukan transaksi lewat E-Commercenya. Pelanggan juga dapat mengakses diagram komputer secara rinci dan mendapatkan informasi tentang troubleshooting. Dengan menggunakan penetapan harga dan konfigurasi produk secara online, maka dapat mengeliminasi kerja, sehingga Dell dapat menghemat biaya administratif 15%.

Untuk pembeli terbesarnya, seperti Easman Chemical, Monsanto, dan Well Fargo, Dell membuatkan Web page perusahaan tersebut yang dapat mengakses E-Commerce Dell, sehingga memungkinkan karyawannya melakukan order dengan cepat dan mudah. Dengan menggunakan strategi ini Dell dapat menjual dengan harga dibawah pesaingnya. Pada tahun 1999, Dell dapat menjual 1,7 juta dollar per hari lewat situs E-Commercenya. Saham Dell naik 2000% dalam dua tahun. Dell mampu bersaing dengan perusahaan berkelas dunia seperti IBM, Compaq, HP, dan Bell-Nec. Bahkan pangsa pasar dan keuntungannya terus meningkat dan akhirnya menjadi penjual PC terbesar didunia.

Pada tahun 2001, Dell Computer merupakan perusahaan yang mengagumkan dunia peringkat 23 dan perusahaan yang mengagumkan dunia peringkat 4 pada tahun 2003. Dell memperoleh manfaat nyata dari penggunaan E-Commerce.

Mungkin sebagian dari anda beranggapan bahwa ini merupakan kisah sukses yang sulit dipercaya, tetapi nyata dan berawal dari ide yang sederhana itu, Dell menjadi perusahaan komputer yang terpandang saat ini. Anda juga harus begitu, selalu sigap dalam persaingan dalam bisnis untuk meraih kesuksesan. Tetap semangat dan tetap Belajar Bisnis ya.. 


Artikel Terkait:

1 comments:

PPOB NASIONAL said...

‘PELUANG USAHA MODAL SANGAT KECIL’
Bagi agan-agan yang ingin membuka usaha
Tapi bingung ingin membuka usaha apa dan hanya mempunyai modal kecil??
Tak usah bingung,silahkan buka usaha pembayaran online
“ppob /online nasional”
Satu deposit bisa melakukan transaksi berikut:
Seperti Pembayaran listrik,tiket pesawat, tiket KAI ,pln,pdam, telepon, speedy, kartu kredit, tv kabel, pulsa, kredit multifinance,voucher game, dll secara mudah, murah, namun tetap dengan dukungan teknologi yang handal dan sistem bisnis yang fleksibel dan menguntungkan.
Hanya bermodal ‘Rp.100.000,’
info lengkap Kunjungi : www.fastpaynasional.com
Hp:081335640101

Reply

Post a Comment