MEMULAI USAHA DARI KEJADIAN

Posted by Estu Jalu Thursday, November 22, 2012 0 comments
Selain Memulai Usaha Dari Pendidikan yang anda jalani, anda juga dapat memulai bisnis dari kejadian yang anda temukan dalam kehidupan sehari-hari. Seperti yang dilakukan oleh Ruth Handler, penemu Boneka Barbie. Boneka ini merupakan mainan anak-anak yang tersukses di dunia. Barbie diambil dari nama anak perempuan Ruth Handler sendiri, yaitu Barbara Millicent Robert.

Ruth Handler

Bisnis boneka ini dimulai saat Ny. Handler menyaksikan anaknya bermain dengan boneka kertas. Kemudian Ny. Handler berfikir membuat boneka yang lebih permanen dan realistik. Ny. Handler merupakan istri dari salah seorang pendiri Mattel. Dalam manajemen modern, boneka Barbie yang dapat bertahan lama ini merupakan hal yang aneh.

Menurut Ian Ritchie dari konsultan Grup Oxford yang telah bekerja dengan perusahaan mainan anak-anak Hasbro, menemukan pelajaran kunci dari bisnis mainan anak-anak. Meletakkan mainan anak-anak ke pasaran secepat mungkin merupakan hal yang sangat penting. Waktu yang diperlukan dari sebuah ide sampai terpampang di rak-rak toko mainan anak-anak dapat menjadi suatu perbedaan antara kesuksesan dan kegagalan. Dalam dunia pemasaran boneka, pemilihan waktu harus benar-benar tepat. Untuk meraih kesuksesan boneka harus mengikuti trend film, buku, cerita, atau serial televisi terbaru.

Barbie merupakan produk yang universal dan biasanya terstandarisasi. Tersedia pula sejumlah kostum yang beraneka ragam. Lebih dari 100 kostum baru ditambahkan setiap tahun. Hal ini dikarenakan, Barbie merupakan wanita Renaisansi, wanita karir yang sukses, anggota band beraliran rock dan pemain sepakbola piala dunia untuk wanita.

Kesuksesan berikutnya adalah ketika memutuskan untuk membuat teman pria Barbie, yaitu Ken. Penciptaan Ken ini sesungguhnya tidak sengaja, tetapi justru menghasilkan perluasan merek yang luar biasa. Ken diperkenalkan pada tahun 1961, yang bersembunyi di belakang, kemungkinan dia senang melihat Barbie meraih kesuksesan dalam berbagai segi kehidupan. Pengenalan Ken telah meletakkan dasar bagi seluruh rangkaian perluasan yang mempertahankan merek Barbie tetap menjadi pusat perhatian.

Teman Barbie berikutnya adalah Midge, yang dimunculkan pada tahun 1963, kemudian adik perempuan Barbie, yaitu Skipper pada tahun 1964, disusul tahun 1968, Christie, seorang teman berkulit hitam. Tahun 1988, Barbie mempunyai teman kepercayaan, Teresa dan merupakan teman Hispanik. Teman berikutnya adalah Kira, sebagai teman Asia yang diluncurkan tahun 1992. Adik perempuan Barbie terkecil adalah Kelly dan Becky, yang duduk dikursi roda yang diperkenalkan tahun 1997. Sekarang Barbie mempunyai lebih dari 15000 kombinasi dengan mengganti bajunya, matanya, warnanya, tetapi tidak untuk mengganti kakinya.

Anda juga bisa seperti Ruth Handler yang memulai usahanya dari melihat anaknya bermain dengan boneka kertas, yang terpenting adalah kejelian anda dalam melihat peluang bisnis. Sebenarnya peluang bisnis itu banyak ditemukan didekat anda, hanya saja anda kurang jeli dalam melihat peluang dan memanfaatkannya. Jadi mulai sekarang lebih jeli lah dalam melihat peluang agar mendapatkan kesuksesan yang luar biasa. Tetap semangat dan tetap Belajar Bisnis ya.. 

Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment