MEMULAI BISNIS TANPA UANG : BERMODAL KEAHLIAN

Posted by Estu Jalu Tuesday, November 6, 2012 0 comments
Keahlian yang anda miliki merupakan modal yang cukup memadai. Keahlian ini bermacam-macam, mulai dari memasak, montir, desain grafis, servis, dan sebagainya. Keahlian dapat diartikan dengan kepandaian yang semua orang belum tentu bisa, dan jika anda mempunyai suatu keahlian dalam bidang tertentu, anda dapat memulai bisnis tanpa uang tunai.

Sebagai contoh, konsultan, konsultan merupakan orang yang ahli dalam suatu bidang yang memberikan petunjuk atau nasihat kepada orang yang memintanya. Anda dapat menjadi konsultan dari berbagai bidang ilmu yang anda miliki, mulai dari bidang taman, desain, bisnis, manajemen, komputer dan sebagainya. Misalnya anda ahli dalam penataan taman, pekerjaan yang anda lakukan hanya memberikan desain taman lengkap dengan tanaman-tanaman yang anda sarankan dan ornamen-ornamen penghias taman lainnya. Kemudian mungkin anda dapat melengkapinya dengan daftar pemasok dimana segala benda itu dapat diperoleh. Anda akan mendapatkan imbalan dari jasa desain anda jika orang yang meminta setuju dengan desain anda.

Jika keahlian anda sebagai arsitek, maka anda dapat menjadi konsultan, mulai dari interior rumah, interior hotel, restoran, perkantoran, dan sebagainya. Anda dapat juga menawarkan jasa desain yang selama ini anda tekuni, mulai dari desain rumah, kantor, sampai taman yang menyejukkan hati. Keahlian anda dapat menjadi modal awal untuk memulai bisnis yang bisa menjanjikan untuk anda.

bisnis tanpa modal
 Patty Dodgen

Transformations Consulting merupakan perusahaan yang didirikan menggunakan modal keahlian dari para manajer senior perusahaan Fortune 50. Pengalaman bekerja di perusahaan bisnis terbaik tersebut merupakan senjata untuk memasarkan produknya lewat internet dengan membuat situs wes dengan alamat www.transformationsconsulting.com. Patty Dodgen, manajer kerjasama Transformationsgroup, mengatakan bahwa mereka mendapat kontrak pertama kali setelah bekerja selama 60 hari. Saat ini, pelanggan Transformationsgroup tidak hanya perusahaan-perusahaan kecil, tetapi sudah merambah ke perusahaan-perusahaan besar misalnya Compaq, Digital Equipment, Honeywell, Kent State University, The American Health Care Management Company, The Corporation for Public Broadcasting, The Bureau of Land Management, The Public Broadcasting System dan Youngstown State University.

Cara yang dilakukan Dodgen yaitu menyediakan waktu 10 sampai 15 menit untuk menelpon calon pelanggan yang mengunjungi situs webnya dan yang telah meninggalkan alamat lengkap. Jika tidak mencantumkan telepon, ia menggunakan email. Ia menjelaskan bagaimana konsultannya di Transformationsgroup memberikan konsultasi secara rinci dengan segala kekuatan dan keterbatasannya. "Kita menjual pengalaman dan keahlian", kata Dodgen.

Contoh diatas hanyalah sebagian kecil dari cara memulai bisnis tanpa uang yang bermodal keahlian. Masih banyak contoh lainnya diluar sana, semoga contoh diatas bisa membuat anda lebih semangat lagi dalam memulai usaha, dan yang pasti tetap Belajar Bisnis ya...

Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment