9 PERSIAPAN UNTUK MEMULAI BISNIS ONLINE

Posted by Estu Jalu Monday, October 29, 2012 2 comments
                                                                              
          Layaknya sebuah pertempuran, anda harus siap-siap membawa peralatan ke medan perang, begitu juga dengan bisnis online, anda harus mengawali persiapan secara matang dan terarah. Anda tidak bisa memasuki dunia internet tanpa membawa bekal apa-apa, jadi sebelum anda stress karena tidak kunjung mendapatkan penghasilan dari internet padahal sudah keluar modal banyak, sebaiknya baca 9 persiapan untuk memulai bisnis online dibawah ini.
  • Sterilisasi anggapan yang salah tentang bisnis online
Seringkali seorang pemula yang sedang atau ingin menggeluti bisnis online beranggapan bahwa :
1. Bisnis online itu bisa gratis
2. Bisnis online itu mudah
3. Bisnis online bisa kaya mendadak
4. Bisnis online harus pintar komputer dan IT
5. dan anggapan lainnya.

Buang jauh jauh jika anda juga beranggapan seperti itu, karena anda tidak akan memperoleh jasil yang maksimal. 
  • Buatlah Sebuah Rencana
Tetapkan sebuah perencanaan, jenis program apa yang akan anda geluti untuk pijakan pertama memulai bisnis online. Sebagai contoh, anda akan menggeluti program affiliate marketing khususnya menjual produk orang lain. Susunlah list kerja yang akan anda lakukan seperti : berapa lama waktu yang akan anda habiskan untuk belajar, berapa investasi yang akan anda keluarkan, target penghasilan untuk permulaan. Tanpa perencanaan yang jelas, seringkali banyak pemula yang menemui kegagalan dalam bisnis online.
  • Memiliki Koneksi Internet
Memiliki komputer atau laptop yang terkoneksi internet sangatlah wajib dalam dunia bisnis online, tetapi ada juga pebisnis internet yang bermain bisnis online hanya menggunakan warnet, tetapi saya yakin sedikit sekali, saya sarankan dirumah. Karena menurut saya akan jauh lebih fokus dan lebih efektif jika anda memiliki perangkat sendiri.
  • Mengetahui Komputer dan Internet Dasar
Dengan membaca tulisan ini juga saya yakin bahwa anda telah mengetahui bagaimana cara browsing, cara download, dan lain-lain. Saya rasa itu sudah cukup untuk membuka gerbang pengetahuan anda selanjutnya. Tapi ada baiknya kalau anda bisa lebih dari sekedar mengetahui komputer dan internet dasar.
  • Luangkan Waktu
Anda harus meluangkan waktu untuk mempelajari teknik teknik internet marketing sehingga memiliki formula / cara sendiri untuk mencapai hasil yang maksimal. Dalam hal meluangkan waktu, itu terserah anda, yang jelas setiap hari anda minimal meluangkan waktu untuk belajar supaya cepat menguasai, kemudian mempraktekkannya.
  • Memiliki Rekening Bank 
Disini saya mewajibkan anda untuk mempunyai rekening, karena rata-rata pembayaran bisnis online lewat internet banking. Saya yakin anda sudah memiliki rekening bank, tapi supaya lebih mudah dalam bertransaksi online lebih baik anda memiliki rekening bank yang sudah ada layanan internet banking seperti : BCA, Mandiri, BNI. 
  • Fokus Pada Bisnis Anda
Penghambat anda dalam bisnis online adalah tidak fokus, pikiran anda terlalu banyak terbagi karena ingin menguasai dan menjalankan sekaligus beberapa program bisnis online. Mungkin tidak masalah jika anda sudah berpengalaman, mau menjalankan berbagai bisnis online terserah anda. Tapi jika anda seorang pemula, jangan berani melakukan hal tersebut, lebih baik fokus pada satu program dulu sampai anda mendapatkan penghasilan rutin dan cara menghasilkan uang di internet dengan benar.
  • Lupakan Kesempurnaan
Tidak mungkin pertama anda terjun ke dunia bisnis online segala sesuatunya akan sempurna, yang terpenting adalah segera praktekkan apa yang sudah anda pelajari dan kuasai. Intinya jangan takut salah, karena keberhasilan adalah sebuah rangkaian kesalahan yang selalu diperbaiki yang akhirnya menuju pada satu titik keberhasilan.
  • Segera Bertindak
Ada pepatah mengatakan : orang yang berusaha ada kemungkinan untuk gagal, tapi orang yang tidak berusaha sudah pasti 100% menemui kegagalan dan kekalahan. Hanya ada 2 pilihan itu, anda pilih yang mana ? Sudah tentu pilih yang pertama kan ? Maka dari itu sekecil apapun ilmu pengetahuan yang telah anda dapatkan dari proses belajar bisnis online segera aplikasikan dengan langkah-langkah kecil dulu, jangan takut salah, karena untuk sukses dibisnis online harus berani bertindak supaya tidak berjalan ditempat.

          Wow, setelah ditulis ternyata cukup banyak juga persiapannya, tapi jangan khawatir karena dengan persiapan yang matang, akan membuat beberapa langkah lebih baik menuju sukses meraih income di internet. Dari point-point diatas untuk memulai tidak perlu terpenuhi semuanya, tapi jadikanlah sebuah tantangan bukan sebagai penghambat, jangan sampai anda menyurutkan langkah, mari Belajar Bisnis bersama-sama .


Artikel Terkait:

2 comments:

serba ada said...

mantap...jadi tambah semangat ni...

Reply
Estu Jalu said...

@serba ada: harus mas, semangat itu penting dalam bisnis . . :D
semoga sukses ya . .

Reply

Post a Comment