USANGNYA STRATEGI MANAGEMENT

Posted by Estu Jalu Wednesday, November 14, 2012 0 comments
Munculnya Strategic Intent, yaitu strategi berbasiskan pada mimpi atau visi, menjadikan strategi management yang dibangga-banggakan di sekolah bisnis menjadi usang. Strategi Intent memiliki pandangan jauh ke depan, sedangkan strategi management hanyan berorientasi saat ini. Pada strategi management atau Strategi Planning ataupun Corporate Planning, cara menghadapi lawan selalu memandang remeh dengan apa yang dimiliki perusahaan tersebut.

strategi management

Di sekolah-sekolah bisnis Strategi Management merupakan puncak pengetahuan yang menggabungkan semua pengetahuan manajemen. Dimulai dengan menetapkan misi, menganalisis SWOT, yang berisi kekuatan dan kelemahan internal serta peluang dan ancaman eksternal, menetapkan sasaran, mengembangkan strategi, merancang program, mengimplementasikan program dan mengevaluasi.

Meskipun mempunyai misi, tetapi dalam strategi manajemen lebih berorientasi pada masalah-masalah yang dilihat baru, daripada peluang dan ancaman dimasa depan. Menganalisis kekuatan dan kelemahan internal serta peluang dan ancaman eksternal menggunakan waktu saat ini. Demikian juga dalam menetapkan sasaran, mengembangkan strategi, merancang program, mengimplementasikan program dan mengevaluasinya. Kalau berorientasi waktu pada saat ini saja, maka perusahaan tidak akan dapat sukses dengan melompat, tetapi hanya merambat pelan-pelan.

Dalam strategi intent, mimpi dan imajinasi harus mempunyai obsesi untuk berhasil dan harus dicapai secara bertahap. Untuk menetapkan target pada pesaing tertentu kadang-kadang sulit, maka anda dapat menetapkan target pada pesaing yang sedikit lebih umum. Untuk melakukan strategi berdasarkan mimpi ini jangan menggunakan emosi yang membabibuta. Mulailah dengan yang paling mungkin dilakukan, misalnya tahun ini memperbaiki pelayanan pada pelanggan, tahun depan peningkatan kualitas produk, tahun depannya lagi masuk ke pasar global dan sebagainya.

Saran saya, jika ingin menetapkan target dan sasaran jangan hanya pada jangka pendek, tetapi berpikir jauh ke depan untuk mendapatkan kesuksesan yang sesungguhnya. Dan untuk menetapkan strategi, pikirkan peluang dan ancaman yang mungkin terjadi pada perusahaan dan produk anda. Tetap semangat dan tetap Belajar Bisnis ya.. 

Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment