TEKNIK MENCIPTAKAN IDE : MINIMISASI

Posted by Estu Jalu Thursday, November 8, 2012 0 comments
Setelah mempelajari bagaimana cara menjaga kreativitas, kini kita akan mempelajari tentang menciptkan sebuah ide, bagi anda yang belum membaca SIKAP MENTAL POSITIF UNTUK MENJAGA KREATIVITAS bisa langsung klik saja judul tadi.

Banyak yang bertanya kepada saya tentang bagaimana cara menciptakan ide baru. Bagaimana agar ide tersebut dapat terwujud dalam usaha ? Bahkan kalau perlu, bagaimana caranya agar ide tersebut dapat melambungkan usaha ? Menciptakan ide yang orisinil tidaklah mudah, dan terdapat teknik-teknik dalam menciptakan ide yang segar. Salah satu teknik tersebut adalah teknik minimisasi.

Teknik minimisasi, selain pengecilan fisik, dapat pula bermakna pengecilan dalam waktu. Contoh perusahaan yang menggunakan teknik ini adalah Honda, Honda meraih kesuksesan dengan menggunakan teknik minimisasi dalam hal fisik ketika memasuki pasar Amerika Serikat. Pada saat itu di Amerika Serikat, sepeda motor yang ada adalah sepeda motor besar, 250 cc dan 350 cc. Honda mencoba mengikuti pasar Amerika dengan membuat sepeda motor besar, tetapi mengalami kegagalan. Akhirnya Honda menggunakan teknik minimisasi dengan membuat sepeda motor 50 cc yang disebut Super Cup, yang mengawali kesuksesan Honda.

bisnis
Honda 250cc RC160

usaha
Honda 50cc Super Cup


Selain Honda, pemimpin Sony Akio Morita juga menggunaka teknik minimisasi. Ketika melihat anak-anak muda mendengarkan musik dengan memanggul tape recorder besar di bahunya dan dibawa kemana-mana, muncul satu pertanyaan dalam benaknya, "Bagaimana kalau diganti dengan tape recorder kecil yang dapat dimasukkan kedalam saku ?". Ide tersebut diwujudkan oleh Morita dengan menciptakan Walkman, yang merupakan awal dari kesuksesan perusahaan Sony tersebut.

ide bisnis
Akio Morita

Dari ide minimisasi ini muncul pula dari Sony, Handycam yang merupakan minimisasi dari kamera video yang besar. Floppy disk juga merupakan minimisasi dari penyimpanan data yang bentuk fisiknya besar, baik berupa magnetic tape maupun magnetic disk. Bahkan dalam masa krisis, teknik minimisasi ini sangat menguntungkan. Kemasan yang beratnya 1kg dapat diminimisasi misalnya dengan 200gram atau 100gram, sehingga harganya menjadi lebih murah. Pada masa krisis, faktor harga cukup mempengaruhi konsumen dalam memutuskan membeli suatu produk.

Teknik minimisasi juga dapat dilakukan terhadap waktu. Dell Computer yang dahulu membutuhkan 60-90 hari untuk pengetesan jaringan dapat dipersingkat menjadi 15 hari. Order PC hanya butuh waktu satu hari dan sistem yang kompleks hanya butuh waktu lima hari. Minimisasi yang dipadukan dengan E-Commerce ini melambungkan Dell kembali dan menjadi menjual PC nomor satu didunia pada tahun 1999.

Dalam menciptakan ide, yang perlu dilihat hanyalah peluang disekitar kita atau ditempat dimana kita akan menjalani bisnis, karena ide pasti berkaitan dengan itu. Jika ide kita bagus, tetapi tidak ditempat yang sesuai ya sama saja ide itu tidak akan menjadikan kesuksesan. Jadi, telitilah dalam melihat peluang sekecil apapun dalam bisnis. Tetap semangat dan tetap Belajar Bisnis ya.. 

Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment